Profil Darul Mumtaz

1. Mukadimah

Darul Mumtaz adalah Pondok Pesantren dan Lembaga Pendidikan Islam yang diinisiasi oleh Kyai Masduqi Zakaria Wafa dan Ustadz Mashuri Damas Alhasy. Darul Mumtaz mengusung konsep sebagai Pesantren Kreatif, dengan motto “Profesional dalam Ilmu dan Amal”.

Saat ini, Pesantren Darul Mumtaz masih dalam rintisan pengembangan dengan fasilitas yang masih seadanya, tetapi telah menerima beberapa santri yang mukim.

2. Konsep dan Approach

Perkembangan zaman dengan segala perubahannya dan kemajuan teknologi yang semakin canggih menuntut kita untuk terus beradaptasi secara kreatif dan inovatif dalam menyiapkan generasi Islam agar mereka kedepan mampu menjadi pemimpin umat dan corong Islam yang rakhmatan lil ‘alamin.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Yayasan Darul Mumtaz mendirikan Lembaga Pendidikan dan Pesantren Darul Mumtaz dengan konsep skill-oriented yang memadukan metode pendidikan “pesantren salafiyah”, “pesantren modern” dan “entrepreneur incubation”.

Melalui perpaduan metode tersebut, para santri dididik dan dibina untuk memiliki skill dan atau menguasai 5 pilar:

  • Ilmu Agama
  • Ilmu Pengetahuan
  • IT (Information Technology)
  • Entrepreneurship
  • Ketrampilan Sosial

Output Darul Mumtaz adalah SDM Islam yang menguasai ilmu agama, memiliki pengetahuan luas, melek teknologi, bermental mandiri, berakhlaq karimah dan siap menjadi pengusaha.

Dalam implementasi proses pendidikannya, Darul Mumtaz mengadopsi pendekatan IKLA+ (Integrated Kinesthetic Learning Approach+), dimana dalam pendekatan ini proses belajar para santri terintegrasi secara sinergis antara pendidikan pesantren, pendidikan formal dan praktek kewirausahaan, plus kegiatan-kegiatan ekstra yang menunjang dan tersusun dalam satuan program pendidikan Darul Mumtaz.

Jadwal kegiatan belajar para santri, pada pagi dan siang hari, mereka mengikuti pendidikan di sekolah formal; pada sore dan malam hari, mereka mengikuti pendidikan pondok seperti mengaji kitab kuning, mengaji Alqur’an Hadits, Nahwu-Sharaf, Jurumiyah, Imriti dan lain-lain secara sorogan atau bandongan. Dan diantara dua kegiatan utama tersebut, para santri mengikuti kegiatan bimbingan ketrampilan di bidang bisnis, komunikasi, sosial, bahasa asing, public speaking, hobi, IT, dan sejenisnya.

Untuk itu, selain mengelola Pondok Pesantren dimana para santri belajar ilmu-ilmu agama secara salafiyah, Darul Mumtaz juga mengelola Sekolah Islam Kurikulum Terpadu dan mendirikan beberapa unit usaha.

Unit-unit usaha tersebut sekaligus menjadi laboratorium bagi para santri untuk belajar berwirausaha secara profesional. Mereka diberi jadwal (kerja) yang teratur dan bergilir untuk mengelola unit usaha Darul Mumtaz dan dibimbing secara profesional oleh para mentor atau guru. Mereka dimotivasi untuk mengenal dunia bisnis, mengasah spirit kewirausahaan, menggali potensi diri, dan menemukan passion yang kelak bisa mereka kembangkan untuk menjadi bekal hidup di masa depan.

Adapun unit-unit usaha yang dikembangkan Darul Mumtaz antara lain:

  1. Kursus Bahasa Inggris dan Bimbel
  2. Distro Santri & Coffee
  3. Food & Beverage
  4. Tour & Travel
  5. Guest House
  6. Cleaning Service
  7. IT, Web Geek & eCommerce

Hasil keuntungan dari pengelolaan bisnis tersebut pun digunakan sepenuhnya untuk membiayai operasional Pondok Pesantren dan Sekolah Darul Mumtaz; dengan kata lain, unit usaha Darul Mumtaz adalah bisnis dari pesantren, oleh santri, untuk pesantren.

3. VISI dan MISI

Agar pengembangan pesantren dapat dilaksanakan dengan fokus yang konsisten, Darul Mumtaz berpegang pada visi dan misi, sbb:

Visi : Menjadi wadah pembinaan prestasi generasi muda Islam yang mumtaz
Misi : Mengembangkan pendidikan Islam terpadu antara ilmu agama, ilmu pengetahuan umum, IT dan kewirausahaan

4. The Values:

Sebagai landasan filosofis pencapaian visi dan misi, Darul Mumtaz menjunjung nilai-nilai kepribadian yang:

  • Cerdas, yaitu manifestasi penghayatan atas perintah Alqur’an, “iqra”, bahwa kita harus membaca dan menguasai ilmu pengetahuan
  • Kreatif, yaitu implementasi kecerdasan dalam memanfaatkan anugerah dan peluang agar kita mampu berkontribusi secara aktif pada kesejahteraan hidup umat manusia
  • Agamis, yaitu implementasi ketaqwaan kita kepada Allah SWT sebagai nilai utama dalam menjalankan setiap aktifitas kehidupan demi menggapai ridhoNya.

5. Pengurus Yayasan Pesantren Darul Mumtaz

Dewan Pendiri KH. Masduqi Zakaria Wafa
Ustadz Mashuri Damas Alhasy
Dewan Pembina KH. Masduqi Zakaria Wafa
Dewan Pengawas Ugi Susniati SSn. MT.
Ketua Ustadz Mashuri Damas Alhasy
Wakil Ketua Syahrul Ahmadi
Sekretaris Muhammad Idris Alwi Alhaddad
Wakil Sekretaris Nisazka Syaula Melati
Bendahara Masrukhan
Wakil Bendahara Aina Jennete Salsabila
Humas Brightannisa Bunga R
Alamat Jl. Raung, Gg. Ibrahim No. 4 Kota Kediri
Email infodarulmumtaz@gmail.com

 

Bismillah, dengan niat yang baik dan ikhlas, kami akan terus bekerja keras mengembangkan Darul Mumtaz untuk menjadi lembaga pesantren yang dapat diandalkan, menghasilkan output santri-santri yamng mumtaz dan dapat berkontribusi positif pada pembangunan agama, masyarakat dan bangsa.

584 total views, 2 views today

COMMENTS