Fadhilah dan Manfaat Membaca Shalawat Nariyah Secara Rutin

Fadhilah dan Manfaat Membaca Shalawat Nariyah Secara Rutin

Shalawat Nariyah merupakan salah satu shalawat yang sering dilantuntkan oleh sebagian orang muslim, meskipun ada beberapa golangan umat Islam yang mengatakan membawa shalat bidah atau sirik. Sebenarnya kalau mereka tahu, tujuan dari membaca shalawat hanya ingin memberi pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia dari zaman gelap gulita menjadi terang benderang.

Dari pada pusing membahas kontrevesi yang ada, lebih baik anda kami ajak untuk menelusuri Sejarah Shalawat Nariyah.

Shalawat Nariyah pertama kali di susun oleh Syekh Nariyah, ulama yang satu ini merupakan salah satu sahabat Nabi sebab beliau hidup pada zaman Nabi Muhammad. Semasa hidupnya, beliu lebih fokus belajar di bidang ilmu tauhid dan beliau selalu melihat atau memperhatikan kerja keras nabi dalam menyampaikan agama Allah sehingga Syekh Nariyah selalu memanjatkan doa kepada Allah memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk Nabi.

Dan doa doa untuk Nabi inilah yang sering disebut dengan shalawat, karena yang menyusun doa tersebut Syekh Nariyah maka doa tersebut disebut dengan sholawat nariyah.

Dengan melihat sejarah tersusunya shalawat yang disusun oleh Seykh Nariyah, maka jelas shalawat ini merupakan sebuah bacaan do’a yang sangat mulia. Jadi, shalawat merupakan bentuk pemuliaan dan sanjungan kita kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Berikut ini teks bacaan Shalawat Nariyah:

اللهُم صَل صَلاةًَ كاَمِلةًَ وسََلمْ سَلامَاً تاَما علَىَ سَيدنِاَ مُحَمدٍ تنَحَْل بهِِ العْقَُدُوَتنَفَْرِجُ بهِِ المْكرَُبُ وَتقُْضَى بهِِ الحَْوَائجُِ وَتنُاَلُ بهِِ الرغاَئبُِ وَحُسْنُ الخَْوَاتمِوَيسُْتسَْقَى الغَْمَامُ بوَِجْهِهِ الكْرَِيمِ وعَلَى آلهِِ وصََحْبهِِ فِي كلُ لمَْحَةٍ وَنفََسٍ بِعَِددَِ كلُ مَعلْوُمٍ لكََ

Allahumma shalli shalatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tanhallu bihil ‘uqadu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdha bihil hawaiju wa tunaalu bihir raghaaibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi fi kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’luumillak.

Artinya:

“Ya Allah, bershalawatlah dengan shalawat yang sempurna dan bersalamlah dengan salam yang sempurna pula kepada sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang dengannya ikatan-ikatan terlepas, dengannya kesedihan-kesedihan lenyap, dengannya kebutuhan-kebutuhan didapat, dengannya kesenangan-kesenangan didapat, dengannya semua diakhiri dengan kebaikan, hujan diturunkan, berkat pribadinya yang mulia, juga kepada para keluarga dan para sahabatnya, dalam setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak segala yang ada dalam pengetahuanMu.”

Faedah Membaca Shalawat Nariyah

Menurut para ulama, shalawat nariyah mempunyai faedah dan keutamaan bagi siapa yang membaca atau mengamalkannya. Berikut ini kami hadirkan faedah shalawat nariyah yang bisa anda ketahui.

  • Barang siapa yang membaca shalawat nariyah sebanyak 11 x sehabis shalat fardu maka Allah akan memudahkan rizqinya dan derajatnya akan diangkat di mata masyarakat.
  • Barang siapa membaca shalawat nariyah sebanyak 31 kali setiap sehabis shalat fardu akan dimudahkan segala urusannya.
  • Dan barang siapa yang mau mengamalkan shalawat nariyah dengan membacanya sebanyak 90 kali setiap harinya akan dimudahkan rezekinya, dibukakan pintu kebijakan, di jauhi dari segala penyakit oleh Allah SWT.
  • Apabila kita mau membaca shalawat nariyah sebanyak 300 kali setiap habis shalat fardu maka Allah akan mengabulkan segala hajat besar kita dan menjauhkan kita dari macam bahaya yang besar.
  • Faedah terakhir membaca shalawat nariyah yang kami tahu, barang siapa yang membaca shalawat nariyah sebanyak 4444 kali semua yang dikehendakinya akan tercapai dengan cepat.

Bukan hanya shalawat nariyah saja yang memiliki faedah, shalawat lainnya juga memiliki faedah. Yang perlu diperhatikan, agar semua keinginan kita dikabulkan Allah, jangan lupa untuk berusaha dan selalu tawaqqal kepada Allah.

14,646 total views, 18 views today

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0